Sekarang masih tanggal 30 september,
jadi gak ada salahnya kalau aku sedikit ngomongin tentang logo yang
baru-baru ini banyak di-upgrade oleh perusahaan-perusahaan besar, Yahoo, Google dan Bing (microsoft).
Apa yang istimewa ngomongin logo?
Mungkin sebagian orang biasa-biasa saja dan bahkan acuh soal logo, mau ganti kek, apa enggak kek , terserah.
Tapi bagi perusahaan besar logo adalah simbol integritas, identitas dan semangat baru.
Daripada gosipin orang mending kita gosipin teknologi. Dengan pertanyaan awal, “kenapa ganti logonya harus hampir bersamaan?”
Jangan dikait-kaitkan dengan primbon ya.
soalnya mereka ( yahoo, google, bing) bukan orang jawa jadi percuma
ngait-ngaitin. Yang jelas, hampir secara bersamaan hanya dalam selang
beberapa hari logo mereka di update. Yahoo lalu google kemudian bing.
Ini menandakan perang inovasi ketiga
perusahaan itu sudah dimulai. Mereka berlomba-lomba menambah pelanggan
baru dan memberikan hal-hal baru kepada pelanggannya.
Marissa mayer CEO Yahoo tidak bisa dianggap enteng oleh Larry Page CEO Google. Marissa sendiri mantan “orang berpengaruh”
ditubuh google selama kurang lebih 13 tahun. Dan ketika larry page
melihat pergerakan egresif marissa setelah menjabat sebagai CEO Yahoo,
larry segera mengambil ancang-ancang, yakni mempersiapkan logo dan
tampilan baru yang lebih segar.
Bing. Besutan Microsoft juga gak mau
kalah dalam memulai inovasi baru yang disudah digembor-gemborkan kedua
musuhnya. Tak lama kemudian Bing merilis Logo baru. kita tahu Bill gates
baru saja mengakuisisi Nokia. Tak mungkin tak banyak harapan besar
setelah mengakuisisi nokia, yakni agar pasar bisa melihat “inilah saatnya kami harus diatas”.
Harapan itu tersirat dalam logo baru bing yang hampir sama dengan logo
miscrosoft. Artinya Microsoft ingin memperlihatkan kekuatan mereka
didunia teknologi dengan satu karakter. Di logo.
Perang logo bukanlah perang kecil dan
jangan dianggap enteng. Pasar akan lebih suka dan mengenal suatu produk
juga karena logo. Logo memiliki ruh yang bisa menempel disetiap
pelanggan dan tak akan bisa dipisahkan jika ruh itu sudah benar-benar
dicintai pelanggan.
0 komentar:
Post a Comment